Menggunakan Pola Berfikir Logis dalam Menyelesaikan Problem-Solving, Menjadikan Matematika Pelajaran yang Menyenangkan, Mudah, dan Menantang

Jumat, 28 Oktober 2022

Refleksi Belajar Modul 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara


Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran, menurut saya adalah dua hal yang saling berkaitan. Pengajaran adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Sedangkan Pendidikan memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Pemikiran KHD saat ini sangat relevan dengan konteks pendidikan Indonesia yang pada tahun ini menerapkan kurikulum Merdeka, yang memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam memahami konsep dan membuat ruang belajar, yang lebih dikenal dengan merdeka belajar. Walau di sekolah saya baru dilaksanakan tahun ini (Tahun pertama), sudah mulai terasa perubahannya. Pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, melainkan guru hanya sebagai fasilitator yang mengantarkan peserta didik menikmati proses belajarnya. Jadi Pusat pembelajarannya lebih ke peserta didik. Hal ini sangat relevan dengan pemikiran KHD yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam melakukan proses belajar mereka.

Saat ini di sekolah saya adalah tahun pertama dalam IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Kebetulan saya juga mengajar di kelas X DKV 2, yang otomatis mau atau tidak mau, rela atau tidak rela dituntut untuk melaksanakan kurikulum merdeka. Sebenarnya meskipun tidak diminta pun, dalam pembelajaran sehari-hari saya telah berusaha melaksanakan pemikiran KHD. Mulai dari sering menggunakan metode diskusi kelas, Model Kooperatif, Pembelajaran berpusat pada peserta didik, dan Saya berusaha menempatkan diri sebagai fasilitator serta sahabat belajar bagi mereka. Peserta didik pun antusias dalam proses pembelajaran di kelas, dan rata-rata mereka sudah terbiasa dengan tanggung jawab, tugas, dan proses pembelajarannya.

Harapan kami setelah mempelajari modul ini, adalah adanya pemahaman baru yg benar, tentang pemikiran atau filosofis Ki Hajar Dewantara. Dengan lebih kuat dalam konsep dan paham akan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari, serta mulai melakukan pembiasaan-pembiasaan di saat melakukan pembelajaran di kelas. Dengan begitu, peserta didik merasakan manfaat dari kami dalam mempelajari modul ini. Semoga kita semua dimudahkan dan di kuatkan dalam mengembangkan pendidikan dan memberi manfaat yang lebih bisa dirasakan minimal oleh peserta didik di kelas dan bisa dirasakan manfaatnya di dunia pendidikan. PENDIDIKAN MAJU UNTUK INDONESIA JAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar